https://webriyan90.wordpress.com Gempa Bumi Berkekuatan 7,4 Skala Richter

Posted on Updated on

GUATEMALA CITY, https://webriyan90.wordpress.com — Sebanyak 39 orang tewas dan puluhan orang hilang setelah gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang pesisir Pasifik Guetamala, Rabu (7/11/2012).

Presiden Otto Perez Molina meminta rakyatnya agar waspada dan meninggalkan gedung-gedung tinggi sebagai antisipasi. Para pejabat negeri itu mengatakan, tanah longsor menimbun jalan raya dan membutuhkan waktu 24 jam untuk memulihkan akses ke kawasan yang terdampak gempa.

Warga yang ketakutan berlarian keluar dari kantor dan rumah mereka setelah gempa menggetarkan gedung-gedung dari Mexico City hingga San Salvador.

Para pejabat mengatakan, guncangan terasa pada pukul 10.35 waktu setempat (22.30 WIB) di sekitar 23 km dari kota Champerico, Guetamala.

Perez Molina telah mengadakan sejumlah konferensi pers dan mengatakan bahwa jumlah korban tewas terus bertambah. Ia mendatangi kawasan yang terkena dampak gempa dan mengatakan bahwa 39 orang kini dinyatakan tewas dalam bencana yang ia sebut sebagai sebuah tragedi. Ia juga mengatakan, 15 orang diduga masih terperangkap di reruntuhan rumah mereka dan 100 orang hilang.

Lembaga sukarelawan pemadam kebakaran nasional memberikan informasi tentang gempa dan kerusakan yang ditimbulkan melalui akun Twitter.

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Florida, AS, mengatakan, gempa tidak berpotensi tsunami. Namun, lembaga itu menambahkan, “Gempa bumi dengan kekuatan sebesar ini terkadang memicu tsunami lokal yang bisa berbahaya di sepanjang pesisir pantai yang terletak ratusan kilometer dari pusat gempa.”

Sumber :
Editor :
Webriyan weryoe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s